Selasa, 26 April 2016

Pengalaman E-CRM (Tugas E-business ABM)

CRM atau consumer relationship management akhir-akhir ini menjadi fokus dari para manajer karena merupakan suatu sistem untuk meningkatkan hubungan baik dengan para konsumen. Tentu saja kita semua sudah paham bahwa konsumen adalah suatu faktor yang sangat penting bagi perusahaan karena dari sanalah uang perusahaan berasal.
Electronik CRM sangat bermanfaat, terutama di era digital sekarang ini. seperti contohnya pada pengalaman saya yaitu bertransaksi melalui situs / komunitas yang cukup terkenal, yaitu Kaskus, E-CRM sangatlah penting. kecepatan penjual untuk merespon kritik/saran/komplain yang dikirimkan oleh konsumen sangat penting, karena apabila kita lambat dalam melayani konsumen, atau contohnya seperti merespon pembeli lama/ tidak ramah, mak akun kita akan mendapatkan kiriman bad reputation dari pembeli. begitupun sebaliknya apabla pelayanan kita baik kepada konsumen, akan mendapat good reputation dari pembeli.
seperti pengalaman saya saat akan membeli sepatu trekking di kaskus, namun respon penjual kurang ramah, yaitu menjawab pertanyaan saya tidak dengan baik. pun begitu saat saya menelepon penjualnya untuk menanyakan kepastian barang, dijawab dengan ketus l;ayaknya orang yang sedang marah. saya pun segera membatalkan transaksi dan memberi bad reputation serta komentar negatif terhadap penjual satu ini.
itulah pentingnya e-crm dalam era digital ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar